mid day sun day

mid day sun day

Wednesday, May 19, 2010

mother's week

Wednesday, May 19, 2010
minggu kedua sibuk-sibuk di luar rumah. status papa: kerja di hutan. status anak sayang: di rumah sama eyang. status mama: gelayapan di luar spt nggak ada kerjaan, main-main di stasiun ngeliatin jalanan, kedinginan di ruang seminar belajar caranya ngurus anak orang, pulang cuma untuk tidur sama-sama anak sayang... peluk sini... mamanya yg berlebihan kok... cuma capek aja.

assignment a.k.a pr training semakin banyak. dan karena materi yg didpt sdh semakin banyak, rasanya pr nya jd semakin susah. mudah-mudahan karena sdh semakin pintar. karena yg penting materi training nya terasa berguna. jam tidurnya juga otomatis semakin berkurang. tapi mudah-mudahan tidurnya jg jd semakin efektif dan tepat guna. buat mamanya, buat mashaka.
yang akan dihadapi berikutnya adalah observasi dan praktek ngajar. kali ini harus beneran jd performer, setelah sekitar 25tahun, kalo bisa ilang mah ilang aja deh daripada maju ke depan. amin.

dan tadi setelah naik ojek 75rb menerpa macet-macet dan hujan badai, ada bom meledak di rumah. yangkungnya akhirnya tak kuasa menahan anyel dan marah. mamanya sudah mengecewakan inisiatif yangkung untuk menjemput, ditambah 11 panggilan tak terjawab. punya hp nggak bisa dipake komunikasi. fyuh, hebatnya yangkung yg baru kelepasan sekarang, dan hebatnya yangti yg masih berusaha menetralisir, padahal pasti anyel juga. maaf... tk terlanjur terbiasa dan nyaman dgn hp disilent pun...

dan karena sifatnya akumulatif, bomnya meledak kemana-mana. smp ttg kasian anak sayang yg kagetan, yg sptnya adalah salah mamanya yg kealusan, nggak dilepas aja semua-semua. fyuh, jdnya urusan anak-org tua lagi deh. papanya nggak disini pun, mamanya jd berasa terjun bebas. drop. berasa smp ulu hati. hihi. malah jd keinget lagi yg udah-udah, yg lain-lain.

rumah pamulang suka protes di bagian anak sayang yang kadang nangisan. di bagian anak sayang yang kadang marah nggak ilang-ilang. di bagian rutinitas harian yg santai kaya di pantai, penyikapan barang bayi yang tanpa pengistimewaan. kalimatnya adalah: anak mama dulu nggak ada yang begini nih. atau, kalo mama dulu sih semua yang untuk bayi dipisahin dulu semua, bersihin steril dulu semua, dst dsb. nggak ada cerita alat masak dan alat makan bayi barengan sama dewasa.
rumah batang akhirnya skrg kedengeran deh suaranya. di bagian penjagaan yg terlalu protektif sama kuman dan ribut-ribut sepertinya. mungkin juga di bagian pembentukan rutinitas harian, dengan beberapa pembentukan kebiasaan. ritual bangun pagi, ritual main siang, ritual sebelum tidur, dst dsb. kalimatnya adalah: kalo anak jaman dulu kan dilepas aja gitu, gebyah uyah *kalo ga salah*, jadi kuat. atau, dicopot aja celananya, biar enteng. nggak masalah sama pipis atau pup atau apapun.

efeknya juga jadi akumulatif ternyata. lucu kan ^_^ ya ya... orang tua dimana aja sama kayanya. sampe nggak bisa sebel. karena insyaallah masih bisa bandel. tk kan sama mviko kan pokoknya.
untuk rumah pamulang: ya maaf, emangnya anak sayang anak siapa? mamanya pendiam dan baik hati, papanya idealis dan penuh strategi, emang bukan anaknya oma kan... dan jadwal itu ada kok, cuma emangnya harus sama? nggak kan... dan barang-barang sudah dipilah-pilah kok mana yg perlu dipisah dan disteril, demi efektivitas dan higienitas kan... kan sebenernya sama, tujuannya untuk anak sayang kan...
untuk rumah batang: jadwal itu perlu, untuk membantu anaknya adaptasi sama proses tumbuh kembang nanti. tapi fleksibel kok, kan emg dlm kenyataan akan selalu ketemu dgn acara2 tak terduga atau acara2 yg harus dihadapi dgn melawan arus jadwal. kemudian, pampers itu iya, jahat, karena kimia dan plastik, non breatheable. tapi konsep kering itu emang perlu. kalau kering kan anaknya jg nyaman. dan pup serta pipis, jelas kuman, sama sekali bukan masalah mamanya risihan. dan popok kain adalah solusi. dan nggak ada hubungannya sama kaki o. fyi, kaki o itu urusannya sama vitamin d, kalsium, dsb. dan fyi lagi, di eropa dan amerika sana, bayi baru lahir jg udah pake popok kain, udah pake gendongan depan.

emang sih, info-info ini produk baca-baca aja, tanpa pengalaman pribadi. mamanya kan jg masih belajar. tapi, semua sudah dipilah-pilah dan sedapat mgkn disesuaikan dgn yg sdh umum terjadi kok. kan aneh rasanya kalo tau info dan tips terbaik tapi nggak diusahakan untuk dilakukan. dan yg terpenting, semua sdh lolos qc sama mviko kan, tk sama-sama mviko kan... soalnya kalo nggak tk jg nggak tau lagi... dan selebihnya adalah maaf, kalau adalah karakter tk yg bikin shaka jadi begini atau begitu. buat rumah pamulang, karena adalah rumah pertama tk dan tk ttp bandel. buat rumah batang, karena sudah begitu sabar dan hebat dgn sikap yg tetap sopan dan penuh sayang.

dan seolah-olah belum cukup, stok asi habis. rutinitas pompa asi terganggu. trainingnya kaya sekolah, istirahat jarang dan nggak ada 1 jam. jadilah di minggu kedua ini susu baru dipompa jam makan siang, dan nggak sakit! artinya produksi jd sedikit. hhhh... bismillah bertahan sedikit lagi ya... habis ini jd banyak lagi ya... pas-pasan jg nggak pa-pa... tk msh mau mimik shaka smp 2 tahun... kali ini bukan cuma karena demi kebaikan mashaka aja...

capek,... untung udh smpt cerita yg nyenengin dipostingan lalu... mama kangen shaka. mama kangen papa. mama kangen rumah...
mid day sun day © 2014